Dibentak + Tersentak + Teberak + Tergeletak + Rambut Botak = Jalani aja Pak~




            Hidup memang tak semulus jalan tol. juga tak selurus kain sutra. hidup juga tak selalu berbelok seperti zig-zag. hidup itu seperti perempatan jalan. kadang macet karena masalah, kadang lurus tanpa masalah, kadang diberhentikan tiba-tiba karena musibah, dan terkadang bingung harus belok mana karena tak ada lampu merah.

            hidup jangan diambil pusing bray. kalau kata anak gaul sekarang, Selow aja Brow wow wow wow *dikejar anjing* tapi kita juga jangan terlalu terlena dengan kenikmatan hidup dunia. tak selamanya surga dunia itu ada. tak selamanya juga neraka dunia itu ada. jalani hidup ada adanya. ikuti kemana hati mu pergi. kaya uus dan tika, kini uus telah berlabuh kehatinya tika. itu tandanya uus mengikuti kemana hatinya pergi dan berhenti ditika *teet* *iklan dulu*

            Hidup itu dibawa tenang aja, namun jangan terlalu dibawa tenang. Tetapi jalani hidup sesuai dengan apa yang ada di hati dan pikiranmu. Jika menurutmu itu baik bagimu dan orang banyak, lakukan, dan kau pasti akan mendapat balasannya. Namun jika itu tidak baik bagimu dan orang banyak tetapi kau tetap ingin melakukannya, kau akan mendapat balasan yang setimpal. karena masih banyak dibawah tanah sana yang ingin hidup seperti kita. Bodohnya kita yang selalu berleha leha dalam menjalani hidup ini. selagi masih muda, pergunakan waktu sebaik mungkin.

            gue punya cerita betapa mencret nya gue kala itu. dan bodohnya gue, habis mencret gue lupa cebok. jadi nempel deh *apaansih(?)

            siang itu gue sedang sibuk mencari bapak yang selalu ada di*teeeeet* sekolahku. ketika melihat postur badannya yang gepuk puk puk kaya kerupuk, habis itu mukanya yang masem aahh pokoknya paitlah. untung dia bukan jus. kalau jus gak jadi beli deh gue, suwer dah!~

            “pak saya ingin minta surat keterangan beasiswa kalau saya ingin mendaftar kuliah di…”
            “emang beasiswa apa yang kamu dapat?”
            “saya gak dapat beasiswa pak. saya ranking. tapi kalau ditempat kuliah saya itu bisa mendaftar jalur beasiswa jika dapat ranking 10 besar dan saya dapat ranking”
            ketawa sinis… “emang kamu dapat ranking berapa?”
            “kelas 10 saya dapat.. kelas 11.. kelas 12..”
            ketawa sinis lagi.. “kamu kelas berapa sekarang?”
            “12 pak”
            “kamu kelas berapa sekarang?”
            “saya kelas 12 pak. 12 ipa 1”
            ketawa sinis untuk ke-3X nya “ha kan kamu gak ngerti pertanyaan saya. udah pergi kamu sana. buat dulu biodata kamu baru kasi kesaya”
            “makasih pak. permisi”

            gue bergegas kembali kekelas dan mengisi biodata lengkap karena gue tau ini penting buat masa depan gue. selesai mengisi biodata gue cari tuh bapak kesana kemari tanpa alamat. gue kala itu udah jadi penerusnya ayu tingting mencari seseorang tanpa alamat. akhirnya gue cari tuh bapak keruangannya. alhasil? PHP- harapan palsu! bangke~ gue pulang dengan perasaan senang sedih.

            eng iii engggg,…. akhirnya jumpa juga. dan gue kasi kertasnya
“besok aja ya. ibunya lagi gak ada. keluar tadi”
“iya pak. makasih ya pak. permisi”

            besok. dengan hati senang gue kesekolah. eh sampai disekolah gue telat. udah senang malah telat. macam apa itu-_- (?) dengan jurus bulu mata lentik kaya sapi, gue keluarkan daaaaannn kelepek kelepek tuh satpam. untung gak masuk jamban *eh*

            belajar - keluar main – belajar – keluar main. waktu penuh dan gue gak sempat untuk ngambil surat keterangan masa depan gue. dan akhirnya dikeluar main ke-2 gue bebas. gue mencari bapak itu lagi untuk kesekian kalinya *lupa ngitung* gak dapat juga. tiba tiba sebuah lampu bohlam bermerek sinyako menyala terang diatas kepala gue “coba cek di tempat semalam aja”. dan ternyata, dia sedang berdiri seperti menunggu seseorang dengan raut wajah sesak eek.

“pak saya mau minta surat keterangan yang kemarin”
“dari mana aja kamu?kenapa gak dari tadi?emang kamu kira kamu aja yang mau saya tunggu ha?ngapain aja kamu dikelas tadi tu?gak bisa kamu minta izin sebentar?gak kamu aja yang saya tunggu ya. masih banyak kerjaan saya. pintu ruangan udah dikunci tu. sekarang salah siapa ni ha?salah saya?”
“gak pak. salah saya”. tiba tiba hujan menetes dikelopak mataku. betapa sakitnya baru datang, tiba tiba kena bentak kaya gitu
“makanya. kamu kira kamu aja yang saya tunggu?ha?jawab! pintu tu udah dikunci sekarang. mau apa kamu?yaudah besok aja”
“tapi surat itu penting pak buat saya. nanti saya mau antar”
tiba tiba dia nyembur membabi buta kata kataku “jadi kamu mau apa?salah saya itu?ha?”
“gak pak. salah saya. makasih ya pak. permisi” aku berjalan pelan sambil mengusap air mata
“sini kamu. makanya lain kali tu cepat datang. yang butuh itu kamu bukan saya. gak kamu aja yang saya tunggu. ngerti kamu!” ia berkata sambil berjalan masih dengan wajah sak eeknya.
“ni ha” sambil memukul meja dengan keras. “lain kali jangan kaya gitu kamu”
“makasih pak. permisi” aku berlari ke kelas menahan air mata yang hampir turun.

         kugigit bibir kuat kuat agar air mata itu tak jatuh sebelum tepat waktunya. sesampai dikelas, kuluapkan semuanya betapa sak eeknya bapak tu. betapa kurang ajar dan betapa kejamnya dia. gue tau dia itu lebih di atas gue. memang realitanya, yang dibawah selalu direndahkan dan selalu di marahi. dikatakan gak sopanlah, leletlah, inilah, itulah. dan akhirnya gue tau bahwa, yang diatas selalu benar dan yang dibawah selalu salah, selalu lelet, selalu lemah.

            tapi gak papa, mamaku kate “itu udah hal yang wajar didunia ni. anggap aja itu pelajaran dan melatih mental. ini masih pelajaran pertama. masih banyak pelajaran lebih panjang dan lebih menyakitkan dibanding itu. hidup itu berjalan terus. jalani aja. anggap itu melatih mental. toh, didunia kerja lebih tajam dari itu kata-katanya. sabar. yang dibawah memang selalu dianggap lemah. apalagi, jika kita membutuhkan dia. sekarang kertasnya udah dapat. udah tu”


            Hidup itu selow aja. jalani sesuai apa yang ada dihati dan pikiranmu. anggap semuanya pelajaran. karena hidupmu, hidupku masih panjang.



Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Halo, Aku Dea. Suka Nulis, makan, tidur, bernapas, jalan-jalan, foto-foto, baca buku, nyanyi, dengerin musik dan suka sama kamu tapi kayaknya engga. Okesip, sayonara~

14 komentar:

  1. Orang mah omelin balik gurunya
    Ini semua salah bapak
    Bapak engga ngerti perasaan aku!
    Gimana misalnya bapak ada di posisi aku!
    Bapak jahat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maunya sih gitu bang. Tapi takut. Soalnya badannya guede bangeet. Apalah dayaku yang puny badan kecil hiks

      Hapus
  2. Wah, beasiswa apaa itu?
    kok enak yang dapet dari rangking 10 besar, di sekolah gue dulu cuma 5 keatas...

    itupun diseleksi lagi hahaha
    ._.

    Salam kenal :)
    Kunjungan pertama ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. beasiswa kuliah tepatnya hihi
      haha yang sabar toh ndok :D

      salamkenal kembali:)
      aku akan kerumah mu:)

      Hapus
  3. wuiih kalo ini saya tak bisa berkomentar apa2 de. wkwkwk
    takut berurusan pula nanti hyaahahaa
    yaps! intinya jalani ajaa~ mungkin itu cobaan calon mahasiswi de :D
    ngemeng-ngemeng itu bahasa "keluar main" nya bisa diganti "istirahat" nggak? hohoo berasa kayak anak sd. bilangnya keluar main.ihihiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha gak gaaaakk. Kalau berurusan ku panggil mamakku. Wahahahahaha:D
      Sihiii cie yang bentar lagi jadi mahasiswi:D
      Haha gak papalah biar agak muda sikit. Lelah jadi anak dewasa tu

      Hapus
  4. Orang yang kayak bapak bermuka eeq itu kayaknya salah satu orang yang halal kalo kepalanya di lindes pake odong2 deh :(
    Jadi kesel sendiri sama kelakuannya.

    Buat kamu yang sabar aja ya, gimana sekarang udah keurus kah beasiswa nya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. huhuhu iya kayanya hiks. tapi lebih bagusnya ditambah aku naik odong odongnya. jadi akunya naik turun terus ketawa ketawa dianya nangis karna dilindes odong odong *apaansih(?)

      hihi iya:') lagi diurus nih. doain aja:)

      Hapus
  5. Buset. Itu si bapak galak juga, yak. Minta disembelih. Untung orang penting. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak. kalau disembelih bisa makan besar kita hihihi:)

      Hapus
  6. Ciee sering masuk 10 besar, hebat. Hahah, mau minta surat keterangan beasiswanya ribet amat yak, De? Si bapak pake ketawa sinis gitu hahahah. Resiko telat ke sekolah itu udah pasti bakal dimarahin guru lah, jadi wajar aja kalo kamu kena marah, eh tapi pak gurunya gak harus mukul meja juga sih. Hiks.

    Yaudahlah yang penting udah dapet surat keterangan beasiswanya kan? ciee calon mahasiswa, ahay \:D/

    BalasHapus
    Balasan
    1. sihihihi jadi malu:D alhamdulillah ya sesuatuuk
      iya kak hiks. biarkan lah dia kak
      bukan telat sekolah kak, tapi telat ngambil surat nya.aduh kakaaaakkk:p
      iya. mungkin ada nyamuk dimeja bapak tu. jadi dia mukul meja kwkw

      hihi :D

      Hapus
  7. gak kebalik yah? harus'a semulus kain sutra, selurus jalan tol

    Njir killer amat itu guru -_-

    BalasHapus
  8. Itu pak guru berwajah sesak berak, lebih cocok kalo jadi TU (Tata Usaha)
    Soalnya kalo mau nagih uang bulanan, kan bapak itu galak, jadi semua kebayar. Gada yang nunggak lagi #ApaanSih -_-

    BalasHapus

Hey?kalau mau pulang minta izin dulu jangan pergi gitu aja dong:)